Survei Populi: Jokowi menang suara di pemilih tak lulus SD, lulusan S1 pilih Prabowo

oleh

Enterberita.com – Populi Center melakukan surver latar belakang pendidikan pemilih bakal jadi calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Pemilu 2019 yang akan mendatang. Hasilnya, responden yang tidak pernah sama sekali tidak pernah sekolah pada memilih Jokowi sebanyak 60.7 persen, dan Prabowo 14.3 persen.

Dari data itu, responden dengan kategori tidak tamat Sekolah Dasar  memilih Jokowi 61.5 persen, sementara dengan Prabowo sebanyak 30.2 persen. Kategori tamat SD, memilih Jokowi 62.8 persen sedangkan Prabowo hanya 23.6 persen.

Latar belakang dari tamat SLTP, memilih Jokowi 59,4 persen dan memilih Prabowo sebanyak 30.5 persen. Sedangkan dari kategori tamatan SLTA meilih jokowi dengan 52 persen dan memilih Prabowo 37.6 persen.

“Basis massa Jokowi paling banyak masyarakat tamat akademi diploma, sementara basis pemilih Prabowo adalah tamat S1 lebih tinggi, tapi temuan sifatnya indikatif,” kata Peneliti Populi Center, Nona Evita di kantornya, di Komplek Bank Mandiri, Jalan Letjen S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (2/11)”